Jumat, 03 September 2010

Ronaldo Bukan Pemain Curang

Ronaldo dan Mourinho/ dok.SOCCER
Ronaldo dan Mourinho/ dok.SOCCER


Menyikapi banyakya kritik yang menyebut Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang doyan diving , pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, memilih membela anak asuhnya itu. Dia tak segan menyebut Ronaldo pemain yang tidak suka curang.
menurut Mourinho, Ronaldo merupakan produk binaan kompetisi Premier League, yang sangat meminimalisir munculnya diving . Karena itulah Mou juga merasa Ronaldo memang tak mempunyai bakat sengaja menjatuhkan diri di lapangan.
"Cristiano pemain yang tidak memiliki budaya diving , dia pemain binaan Premier League, yang dilatih Sir Alex Ferguson (manajer Manchester United)," sebut Mourinho.
Pernyataan Mourinho ini jelas berbanding terbalik dengan apa yang diucapkannya saat masih menjadi pelatih Chelsea pada 2008 silam. Saat itu dia mengecam Ronaldo yang masih bermain bersama MU sebagai pemain yang doyan diving .
Namun, kini Mourinho punya pembelaan terhadap hal itu. Bahkan dia kini tak segan menyebut mantan anak asuhnya, Didier Drogba sebagai pemain yang juga suka berbuat curang dengan sengaja menjatuhkan diri di lapangan, khususnya kotak penalti.
"Saya bukan lagi pelatih Chelsea, dan saya tak perlu lagi membela mereka. Saya pikir memang benar Drogba seorang diver . Drogba, Fernando Torres, Ronaldo, dan Robin van Persie, adalah diver . Siapa yang paling banyak diving? Apakah yang paling banyak menerima hadiah penalti? Yang pasti, sepak bola Inggris salah satu komeptisi yang sangat minim kecurangan seperti itu," imbuh dia.

Mourinho sendiri mengakus angat tidak menyukai pemain yang suka diving . Namun dia juga menghalalkan aksi tersebut jika menghadapi bek lawan yang suka bermain keras.
"Saya benci diving. Tapi saya juga tidak suka jika pemain yang dilanggar keras oleh bek tapi tetap memilih bertahan dan tidak terjatuh. Sangat jarang wasit menghadiahi penalti jika pemain tersebut tidak terjatuh. Jadi saya katakan kepada pemain saya untuk tidak naif, tapi tetap menjunjung tinggi sikap fair," pungkas dia.

(http://www.duniasoccer.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar